Jumat, 21 Oktober 2011

Visual Basic 6.0 – Spell Checker

Bagi sebagian orang, fasilitas spell-checker di MS Word jarang digunakan. Bisa jadi karena spell-checker yang terinstal adalah spell-checker untuk bahasa Inggris. Namun sebenarnya, spell-checker adalah fasilitas yang sangat membantu, terutama mereka yang berprofesi sebagai penulis atau sebagai mahasiswa yang perlu banyak menulis makalah.
Tip kali ini adalah bagaimana memanfaatkan kamus spelling checker MS Word melalui VB. Aplikasi ini akan menampilkan “suggestion” untuk kata yang tidak tercantum di kamus, dan bisa digunakan untuk menambahkan kata baru kedalam kamus.
Langkah-langkah untuk membuatnya adalah pertama buat form dengan sebuah text box bernama txtMain. Text box ini digunakan untuk memasukkan kata yang hendak di-spell-check. Di bawah text box txtMain, letakkan sebuah label bernama NoSugg yang berfungsi untuk menampilkan jumlah kata yang disarankan berdasarkan kamus yang ada. Di bawah label NoSugg, terdapat sebuah list box yang bernama lstSuggestions yang digunakan untuk menampilkan daftar kata yang disarankan.Juga terdapat 5 buah command button, yang masing-masing bernama Command1 (untuk menambah pembacaan kamus), Command2 (untuk menghapus pemakaian kamus), Commmand3 (untuk melihat kamus yang digunakan dalam spell-checker ini), Command4 (untuk menambahkan kata ke dalam kamus), dan cmdQuit untuk keluar dari program. Terakhir adalah CommondDialog bernama com, yang digunakan untuk menampilkan kotak dialog.
Berikutnya adalah melakukan inisialisasi dan menuliskan modul yang diperlukan. Modul SpellCheck digunakan untuk membaca kata dari kamus, dan menampilkan saran-saran pada list box. Diawali perintah Option Explicit dan ditutup End Function. Lalu dilanjutkan mengetik source code event-event-nya. Simpan dan jalankan program.
Source code lengkap dari langkah-langkah diatas silahkan download disini.

Visual Basic 6.0 – Spell Checker Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar