Jumat, 21 Oktober 2011

VB .net - Menampilkan Data pada DataGridView

DataGridView adalah sebuah kontrol di VB .net yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk grid. Control ini dapat dikoneksikan dengan berbagai jenis database, dan menampilkan isi dari tabel atau query melalui perintah SQL.

Kali ini, kita akan coba buat data sederhana yang dapat ditampilkan secara langsung pada DataGridView. Langkah-langkah untuk membuat Quick Sort di VB .net adalah pertama buat sebuah project baru di VB .net. Tambahkan kontrol DataGridView dengan nama DataGridView1, dan tiga buah command button yang masing-masing bernama Button1 (dengan caption Load Data), Button2 (dengan caption Clear Data), dan Button3 (dengan caption Exit).

Kode yang diawali dengan kata-kata Public Class Form1 dan diakhiri dengan End Class digunakan untuk mengisikan data yang hendak ditampilkan. Data yang ditampilkan menggunakan class TableData yang terdiri dari tiga property, yaitu Pemilik, Peliharaan, dan NamaPeliharaan. Masing-masing property berjenis string. Struktur data untuk data yang hendak ditampilkan, disimpan pada Public Class TableData. Jalankan program dan lihat hasil yang ditampilkan.
Source code lengkap dari langkah-langkah diatas silahkan download disini.



VB .net - Menampilkan Data pada DataGridView Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar