Jumat, 21 Oktober 2011

VB .net – Membuat Jam Analog

Meskipun sekarang adalah era digital, namun bagi banyak orang tetap lebih suka melihat jam dengan tampilan analog yang lengkap dengan angka 1-12 dibandingkan jam digital yang hanya menampilkan angka. Mungkin karena visualisasi pada jam analog mudah ditangkap ketimbang melihat jam digital.

Kali ini, kita akan coba membuat tampilan jam analog pada VB .net. Langkah-langkah untuk membuat tampilan jam analog di VB .net adalah pertama buat sebuah project baru di VB .net. Buat label sebanyak 12 objek dan ber caption1-12 untuk menunjukkan angka pada jam. Beri nama masing-masing label dengan nama labeldigit0 (untuk angka 12), labeldigit1 (untuk angka 1), dan seterusnya. Lalu tambahkan sebuah control timer dengan nama Timer1 dan interval 1000.

Untuk membuat jarum jam, menit dan detik kita akan menggunakan grafik dan perhitungan matematika. Deklarasi utamanya adalah dimulai dari kata Imports System.Math sampai dengan Dim x1, y1, x2, y2 As Integer.
Untuk event timer1 yang akan dipanggil setiap satu detik dimulai dari kata Private Sub Timer1_Tick …. End Sub. Dan event form load-nya dimulai dari kata Private Sub Form1_Load …. End Class.

Source code lengkap dari langkah-langkah diatas silahkan download disini.



VB .net – Membuat Jam Analog Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar