Minggu, 23 Oktober 2011

Uang Kuno Indonesia 1 Sen Tahun 1964

Update blog kali ini saya akan menampilkan image scanning uang kertas kuno milik teman saya. Kebetulan, beberapa waktu sebelum proses scan uang kuno ini, saya ngobrol-ngobrol dengan teman sekantor saya perihal uang kuno dan kbetulan juga dia masih menyimpan beberapa lembar uang kertas kuno Indonesia yang salah satunya adalah bisa kalian lihat pada image scanning uang kertas kuno dibawah ini.

Uang kuno kepunyaaan teman saya tersebut adalah jenis uang kertas dengan nominal 1 sen (satu sen) yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan dicetak oleh P.N Pertjetakan Kebajoran tahun 1964. Uang kertas kuno tersebut bagian depannya bergambar petani (Pak Tani) yang sedang memakai caping dan bagian belakangnya bergambar guratan-guratan garis yang mungkin hanya sang desainernya saja yang mengetahui arti dan maknanya.

Menurut cerita teman tersebut dia sempat memiliki uang kertas kuno pecahan Rp. 1.000,- (seribu rupiah) bergambar Soekarno yang konon katanya bisa melengkung dengan sendirinya begitu diletakkan di telapak tangan. Namun entah kenapa uang unik tersebut dia berikan pada temannya.

Berikut ini adalah image uang kertas kuno Indonesia pecahan 1 sen keluaran tahun 1964:

Tampak Depan Uang Kuno Indonesia 1 Sen Tahun 1964

Tampak Belakang Uang Kuno Indonesia 1 Sen Tahun 1964

Terkait masalah uang yang bisa melengkung dengan sendirinya, saya juga sudah pernah mencoba pada uang kertas diatas dan beberapa uang yang telah saya posting sebelumnya. Namun hasilnya nihil. Kelihatanmya, yang bisa melengkuang dengan sendirinya hanya berlaku untuk uang kertas kuno bergambar Soekarano Rp. 1.000,- (seribu rupiah) saja.

Meski mungkin kurang unik dibandingkan uang Soekarno diatas, uang kono 1 sen tetaplah benda langka yang jarang-jarang dimiliki oleh orang banyak!

Pemilik uang kertas kuno diatas telah mengizinkan saya untuk mengenalkan kepunyaannya tersebut kepada public, dan jika memang ada diantara para pembaca semua yang berniat memiliki Uang Kertas Kuno Indonesia 1 Sen Tahun 1964 diatas, dapat melakukan kontak dengan saya melalui kotak komentar dibawah artikel ini atau melalui beberapa alamat dibawah ini:

Dasril Iteza

Email: dasriliteza[at]gmail.com | dasrildotcom[at]gmail.com
Search and Add my Facebook: Dasril Iteza
Follow me on Twitter: @dasrildotcom

Uang Kuno Indonesia 1 Sen Tahun 1964 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon

1 komentar:

Click here for komentar
26 Desember 2015 01.15 ×

saya punya uang kertas kuno seperti gambar di atas mau di jual berapa harganya ?

Selamat Unknown dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar