Sabtu, 22 Oktober 2011

Uang Kertas 100 rupiah bergambar Perahu Pinisi dan Anak Gunung Krakatau 1992

Kekunoan uang kertas Kertas 100 (seratus) rupiah bergambar depan Perahu Pinisi dan bergambar belakang Anak Gunung Krakatau ini memang baru berumur 19 tahun (2011 – 1992).

Uang kertas seratus rupiah diatas adalah koleksi pribadi saya yang berjumlah semata wayang.


Sekitar tahun lalu, uang kertas 100 rupiah bergambar perahu pinisi dan anak gunung Krakatau ini – di daerah saya – pernah membuat cerita, pasalnya saudara saya yang mempunyai uang sejenis dengan saya dibeli oleh seorang kolektor/ pemburu uang lama atau uang yang sudah tidak laku dengan mahar tukar Rp. 300.000,-. Jumlah yang cukup kalau melihat usia kekunoan uang tersebut. Namun inilah fakta yang saya dapatkan Minggu sore kemarin (02 Oktober) saat mengunjungi rumah saudara tersebut!

Awalnya saya sendiri lupa-lupa ingat bahwa saya juga memiliki uang kertas seratus rupiah jenis ini. begitu memeriksa dompet dan memperlihatkannya kedapa saudara saya tersebut, kenyataannya bahwa uang inilah yang dia tukar dengan mahar tukar Rp. 300.000,-


Selembar uang kertas yang dikeluarkan oleh Perum Percetakan Uang RI IMP – 1992 di sudut kanan bawah uang tersbut dengan warna depan dan belakang merah. Gambar depan uang ini adalah Perahu Pinisi sedangkan gambar belakangnya adalah Anak Gunung Krakatau yang sedang menyemburkan abu vulkanik. Koleksi yang saya miliki ini memiliki nomor seri TLE238900, sebagai mana yang anda-anda semua lihat dari scan image diatas!

Uang Kertas 100 rupiah bergambar Perahu Pinisi dan Anak Gunung Krakatau 1992 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar