Jumat, 21 Oktober 2011

PHP - Membuat Komponen Kalender

Di kebanyakan situs blog, kalender telah menjadi komponen standar. Kalender kerap digunakan untuk menunjukkan kapan posting-posting terakhir atau even-even yang terjadi di hari mendatang.
Tip kali ini adalah membuat komponen kalender. Hasil akhir dari tip kali ini adalah model kalender yang fleksibel, yang dapat diletakkan di area manapun pada halaman web. Source PHP ini juga dapat dengan mudah disisipkan di modul-modul lain.
Langkah pertama adalah melakukan inisialisasi untuk tampilan dari kalender, yaitu jenis huruf, ukuran, dan warna. Yang diawali Berikutnya adalah melakukan inisialisasi variabel untuk kalendernya, yaitu mendapatkan informasi tanggal hari ini dan nama hari. Perintah dimulai dengan tag $month=(isset($month))?$month:date(“n”,time()); dan ditutup tanda ?>.
Kalender akan disusun dalam bentuk tabel, dan yang pertama dicetak adalah nama bulan. Perintah HTML-nya yaitu

. Berikutnya adalah mencetak nama hari dalam 7 kolom, perintahnya sampai echo “\n”; . Yang terakhir adalah mencetak tanggal pada lokasi yang bersesuai dengan nama hari perintahnya diawali $span1=$dayone; dan ditutup ?> sebagai penutup script php.
Source code lengkap dari langkah-langkah diatas silahkan download disini.

PHP - Membuat Komponen Kalender Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar