Sabtu, 22 Oktober 2011

Memunculkan AdSense for Search atau AdSense Untuk Penelusuran dalam halaman Blogspot dengan Static pages

KARENA Google AdSense belum sepenuhnya mendukung situs/ blog dengan konten Bahasa Indonesia, maka bagi para Publisher AdSense, langkah aman untuk mencoba meraup dolar dari AdSense adalah dengan mengimplementasikan fitur AdSense for Search atau AdSense untuk Penelusuran. Memang, fitur ini “kurang menarik” dibanding AdSense for Content yang langsung menghasilkan dolar tatkala pengunjung mengklik. Apa boleh buat, untuk Blog/ situs dengan konten Bahasa Indonesia, hanya AdSense for Search-lah yang bisa diimplementasikan.

Terkait hal diatas, baru saja saya mengimplementasikan fitur AdSense for Search atau AdSense untuk Penelusuran pada Blog Dasril Iteza ini. awalnya tidak saya pasang, namun belakangan ini saya berpikir, alangkah mubazirnya kalau tidak dipasang.

Kode AdSense for Search tersebut saya tempatkan pada static pages! Berikut ini cara yang saya lakukan untuk menempatkan AdSense untuk Penulusuran atau AdSense for Search dengan menggunakan Static Pages.

  • Login ke Blogger dan Buat terlebih dahulu static pages kosong (tanpa artikel) dan terbitkan. Namai pages tersebut misalnya “Penelusuran” (contoh pada blog saya adalah http://kodzan.blogspot.com/p/penelusuran).
  • Masuk ke Dashboard blogger. Setelah itu pilih Design dan klik Edit Pages (gambar pertama). 
  • Pada pop up window yang muncul, hilangkan tanda centang pada opsi “Penelusuran”  (gambar kedua).
  • Langkah selanjutnya adalah login dengan Akun AdSense anda untuk mendapatkan dua buah kode/ script AdSense. Kode AdSense tersebut berupa kode untuk menampilkan Search Box atau Kotak Penelusuran dan kode kedua adalah script untuk memunculkan hasil pencarian atau Search results pada halaman blogspot anda. Untuk mendapatkan kedua kode tersebut, anda pilih opsi AdSense for Search dan ikuti step by stepnya. Kode untuk search box bisa anda tempatkan dimana saja seperti di header, sidebar, footer dsb. Sedangkan kode untuk memunculkan Hasil penelusuran adalah anda harus mem-paste-nya pada static page yang telah dibuat sebelumnya (contohnya pada blog saya adalah saya mem-paste-nya pada http://kodzan.blogspot.com/p/penelusuran). 
  • Setelah semua kode tersebut diimplementasikan, lakukan save segala perubahan yang dibuat. 
  • Proses selesai.
Untuk melihat hasilnya, anda bisa mencoba memasukkan satu atau dua keywords pada kotak pencarian di blog saya ini dan lihat hasil kemunculan AdSense for Search-nya.

Memunculkan AdSense for Search atau AdSense Untuk Penelusuran dalam halaman Blogspot dengan Static pages Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar