Minggu, 23 Oktober 2011

Membuat Demotion Sitelinks di Google webmaster Tools

Demotion merupakan kalimat bahasa Inggris dengan akar kata demote, yang berarti penurunan. Saat anda menggunakan keyword tertentu pada Google, anda mungkin akan menjumpai url turunan atau lebih akrab disebut sitelinks. Misalnya seperti image dibawah ini:


Beberapa url sitelink dibawah url utama tersebut itulah yang disebut demotion sitelinks. Google membuat demote sitelinks tersebut secara otomatis. Meski demikian, dengan memanfaatkan Google Webmaster Tools, kita akan mencoba membuat menurunkan beberapa url blog kita dengan menggunakan form demotion sitelink yang telah disediakan.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat demotion sitelink sehingga nantinya blog kita bisa memiliki demote sitelink seperti image diatas.

Pertama, akses Google Webmaster Tool dan login dengan akun yang anda miliki; 

Kedua, Pada Tab Site Configuration pilih subtab Sitelinks. Maka akan ada tampilan seperti dibawah ini: 
Ketiga, pada bagian bawah gambar, akan terlihat dua buah box; 1). Berisi, For this search result: - url blog anda – dan kotak untuk mengisi sitelink. Kosongkan jika sitelink akan mengarah pada halaman Home atau Beranda blog/ situs anda.; 2). Demote this sitelink URL: isikan url blog anda yang ingin di demote sitelinks-nya.

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh sebuah situs/ blog jika sudah di-demote sitelinks oleh Google dalah satu diantaranya adala Google akan mengurai blog kita kedalam beberapa link pada saat orang mengetik keywords blog kita sehingga bisa berfungsi sebagai shortcut terhadap link-link artikel dalam indeks konten blog/ situs meskipun tergolong cukup besar. Atau bisa juga dikatakan demote sitelinks secara tidak langsung link-link di bawah hasil pencarian tersebut akan mempermudah calon pengunjung blog untuk menuju ke sebuah postingan yang sering dikunjungi oleh pengunjung-pengunjung sebelumnya. 

Meski demikian, demote sitelink yang sudah kita buat tidak serta merta langsung muncul, kita hanyalah menyarankan kepada Google, karena sitelinks ini adalah kewenangan Google.

Membuat Demotion Sitelinks di Google webmaster Tools Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar