Minggu, 23 Oktober 2011

Koin uang logam kuno Indonesia Nederlandsch Indie 2 ½ Cent tahun 1897 dan tahun 1945

Diantara semua koleksi uang logam kuno nan antik milik saya, hanyalah Koin logam kuno antik Nederlandsch Indie tahun 1897 inilah yang paling tua usianya. Sekeping Koin logam kuno yang sudah cukup tua usianya yaitu 114 tahun (2011 – 1897 = 114).

Jujur saja saya tidak begitu banyak tahu tentang koin Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897 ini. yang pasti koin ini saya temukan dirumah saya. Awalnya saya tidak begitu mempedulikan koin kuno ini, hanya saja yang terpikir oleh saya saat itu adalah “ini adalah uang logam kuno” atau “ini adalah koin logam yang langka dan sangat jarang ditemukan!” Hanya itu. Hingga pada akhirnya saya memiliki blog dan mempostingnya disini dan yang sekarang ini dibaca dan dilihat oleh anda semua.

Mungkin juga anda semua sudah pernah melihat bagaimana bentuk uang koin logam kuno – pada sisi pertama – yang bertuliskan melingkar: Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897, bergambarkan mahkota yang dijunjung oleh singa. Sedangkan sisilainnya adalah bertuliskan aksara Arab atau huruf arab atau mungkin juga sebentuk penggalan Ayat Suci Al-Quran yang dilingkari dengan tulisan atau (mungkin) aksara Jawa. Yang ada pada saya hanyalah satu keping. Saya juga memiliki Koin logam kuno antik Nederlandsch Indie 2 ½ Cent, namun tahun 1945 sebanyak 2 (dua) keping. Sama seperti koin logam kuno 1897 diatas, yang tahun 1945 ini juga tidak begitu banyak yang saya ketahui.

Namun jika memang belum ada diantara kalian semua yang belum pernah melihatnya, dibawah ini adalah photo dari koin logam kuno Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897 tersebut:


Tampak Depan Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897


Tampak Belakang Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1897

Dan seperti gambar dibawah inilah rupanya koin logam kuno Nederlandsch Indie 2 ½ Cent Tahun 1945.


Tiga keping koin logam tua yang pasti sarat sejarah dan penuh makna. Apalagi, benda-benda diatas sangat sukar untuk ditemukan. Kalaupun ada, mungkin anda mesti mengeluarkan rupiah dalam jumlah yang tidak sedikit. Tergantung kesepakatan dalam penawaran.

Koin uang logam kuno Indonesia Nederlandsch Indie 2 ½ Cent tahun 1897 dan tahun 1945 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon

1 komentar:

Click here for komentar
1 Desember 2012 08.24 ×

saya mempunyai 2 logam koein nederland tahun 1945.apakah ada yang minat.??

Selamat farhan dapat PERTAMAX...! Silahkan antri di pom terdekat heheheh...
Balas
avatar
admin
Terima kasih sudah berkomentar