Jumat, 21 Oktober 2011

The First Bug

Setelah generasi Mark I dan ENIAC, Mark II – penerus Mark I dikembangkan. Pada masa Mark II ini terdapat suatu kejadian yang menarik. Komputer Mark II tersebut dioperasikan di ruangan yang tidak menggunakan AC sehingga apabila udara panas (apalagi jika bertepatan pada musim panas) maka jendela-jendela ruang akan selalu dibuka.

Pada suatu hari di musim panas tahun 1945, Mark II berhenti bekerja. Operator Mark II pada saat itu, Grace Murray Hopper (1906-1992) bersama teman-temannya segera mencari penyebabnya. Mereka akhirnya menemukan bangkai sejenis lalat yang mati terjebak di dalam sebuah relay. Itulah bug – dalam arti sebenarnya, serangga – komputer yang pertama!

Grace kemudian menempelkan lalat tersebut pada logbook, yaitu buku yang mencata aktivitas Mark II. Di kemudian hari, jika Grace dan kawan-kawan melakukan perbaikan pada Mark II, mereka menyebutnya sebagai “debugging”.

Kata “bug” dan “debugging” sendiri ditengarai telah disebutkan oleh Thomas Edison untuk mendeskripsikan kegagalan sistem mekanis pada saat beliau mengerjakan berbagai macam penemuannya. Namun peristiwa yang dialami oleh Grace itulah yang akhirnya memopulerkan isitilah “bug” dan “debugging” dalam dunia komputer hingga hari ini.



The First Bug Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar