Jumat, 21 Oktober 2011

Ajax – Navigasi Link

Dalam HTML, tag dapat digunakan untuk membuat link yang mengarahkan web browser ke alamat url tertentu. Ada dua kemungkinan saat user mengklik link tersebut, yaitu membuka window baru atau halaman dibuka pada window tersebut dan halaman lama segera digantikan oleh halaman yang baru.
Dengan menggunakan teknologi Ajax, kita dapat membuat link dan ketika user mengklik link tersebut, halaman yang dituju dapat ditampilkan pada halaman yang sama tanpa mengubah isi halaman lama. Teknik ini dapat digunakan untuk menampilkan halaman baru, tanpa perlu melakukan refresh halaman yang lama.
Langkah-langkah untuk membuatnya adalah pertama buat Header untuk HTML-nya yang diawali dengan tag dan ditutup dengan tag dan simpan dengan nama ajaxnavigate.html.
Kedua buat sebuah file tambahan untuk pemanggilan Javascript-nya. Simpan dengan nama ajaxnavigation.js. Yang dimulai dengan perintah Var xmlhttp=false; dan ditutup dengan tanda }.
Untuk mencobanya pastikan page-1.html, page-2.html, page-3.html, dan page-4.html sudah ada pada folder dimana script ini dijalankan. File-file html tersebut yang akan ditampilkan pada kolom disamping link navigasi. Setelah itu load file ajaxnavigate.html pada browser.
Source code lengkap dari langkah-langkah diatas silahkan download
disini.

Ajax – Navigasi Link Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar