Kamis, 29 September 2011

Menjaga Stamina di Bulan Puasa

================================== BannerFans.com ImageChef Custom Images ================================

Waduh kayaknya kali ini sala judul deh, tapi biar lah judul ma isi rada gak sinkron maklumlah postingnya sambil merem mana hidung masih meler bikin gak konsentrasi ajah. Btw biar isinya gak serong-serong amat kita bahas topik stamina di bulan puasa aja yuk !. 

Bulan Ramadhan bagi umat muslim adalah bulan penuh barokah, dimana pada bulan ini semua umat muslim menyambutnya dengan suka cita dan berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah, karena di bulan ini segala amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Nah bulan Rhamadan ini di kenal pula dengan sebutan bulan puasa, di bulan ini umat muslim menjalankan ibadah puasa dari dini hari saat imsak hingga beduk magrib.

Umumnya umat islam ketika di bulan ini akan mengurangi beberapa aktifitasnya di siang hari selain larangan selama berpuasa, misalnya aktifitas-aktifitas luar yang melelahkan dan kegiatan lainnya yang menguras tenaga. Bahkan ada juga yang hampir tidak melakukan aktifitas apa-apa lo (yang ini jangan di tiru yah.. hehe). Sebagian orang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan padahal itu tidak baik, kita tetap harus beraktifitas ya paling tidak aktifitas ringan yang bisa di kerjakan dan tidak mengganggu puasanya. 

Bagi sebagian orang beraktifitas sambil berpuasa ternyata dapat menurunkan stamina yang akhirnya tubuh menjadi lemah dan mudah sakit, nah bagaimana ya tips-tips agar stamina tetap terjaga selama beraktifitas di bulan puasa?

Nih beberapa bocorannya,
  1. Hindari beraktifitas dibawah sinar matahari langsung  karena membuat tubuh cepat dehidrasi sehingga kita merasa haus.
  2. Minum air putih dan suplemen atau madu ketika sahur, nah biasanya artis-artis pake cara ini buat jaga stamina.
  3. Istirahat yang cukup, nah kalau ini tidak hanya selama di bulan puasa, tapi juga di bulan-bulan lainnya.
  4. Konsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup saat sahur dan berbuka, nah waktu berbuka jangan cuma yang manis-manis aja yah, jangan lupa santap juga buah-buahan dan sayurnya biar sehat
  5. Ikhlas, nah ini nih penting banget. Soalnya kalau gak ikhlas biasanya kita akan merasa berat menjalani hari-hari selama berpuasa tapi kalau ikhlas semua akan terasa ringan.

Menjaga Stamina di Bulan Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar