Kamis, 29 September 2011

Menghapus link rusak dengan google webmaster tools

Cara menghapus broken link atau link rusak dengan google webmaster tools cukup mudah dan simpel, dengan google webmaster tools kita bisa menghemat waktu menghapus link-link error atau rusak terutama jika link yang error cukup banyak. 

Tidak disangka dari 200-an postingan yang ada di blog ini ternyata belasan linknya rusak dan baru sekarang sempat ngecek. Padahal umur blog ini udah 2 tahun lebih, meskipun sempat timbul tenggelam hehe. Btw ternyata broken link dapat menimbulkan efek negatif lo terhadap blog terutama pada  kata kunci atau keyword karena dapat menyebabkan sebuah blog kehilangan kata kunci. Dampak lainnya adalah adanya penalti dari google yang berimplikasi pada turunya pagerank atau bahkan lebih parah blog kita di cap "spamer". Tentunya yang lebih parah adalah kekecewaan pengunjung blog karena informasi yang ingin mereka cari tidak diketemukan  karena link yang tidak aktif atau rusak.

Oke singkat saja buat yang belum tau cara menghapus link rusak dengan google webmaster tools sebagai berikut :

Pertama cek dulu link-link yang ada di blog kamu dengan menggunakan Broken Link Checker. Masukan url blog kamu lalu tekan enter. 


Broken link checker


Maka akan keluar daftar-daftar link yang ada di blog kamu, nah cek tandanya, jika tanda centang hijau berarti link masih bagus namun jika warnanya merah berarti link tersebut rusak.
List of Link at Your Site
 Sekarang biarkan saja window ini jangan di closed cukup minimize saja.

Selanjutnya bukalah  halaman google webmaster tools.
Klik blog yang tadi ingin di hapus link-link rusak nya.

Google Webmaster tools
Kemudian coba liat menu sebelah kanan (atau sebelah kiri kamu),  pilih menu site konfigurations, 12. klik Crawler accesss, 2. Klik tab remove URL. 3. klik new removal request

Crawler accsess
Selanjutnya copy dan pastekan alamat link yang rusak yang ada di daftar  (yang barusan kamu cari menggunakan broken link checker, ingat yang warnanya merah ya ) 
Enter  Broken or Invalid URL

Jika sudah di paste klik continue, dan akan muncul layar seperti di bawah ini ;

submit request
Terakhir tinggal klik submit request selesai deh, tinggal ulangi langkah-langkah diatas untuk menghapus link-link rusak lainnya di blog kamu.

Oh iya lupa, terkadang blog kita belum terverifikasi di google webmaster tools, untuk memverifikasinya ada beberapa cara, cara yang cukup mudah adalah menggunakan meta tag. Nah untuk panduannya silahkan ke website teman kita tentang cara verifikasi ulang blog ke google webmaster tools.

Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya..di tunggu komentarnya..!
Tips Menghitamkan rambut, mencegah ketombe dan mengatasi kebotakan :
Tips Kesehatan Rambut

Menghapus link rusak dengan google webmaster tools Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar