Jumat, 09 September 2011

Kenali Jumlah Kompetitor dan Pencarian

Dalam belajar SEO kali ini kang Rohman mencoba untuk menulis tentang cara mengenali jumlah kompetitor dan jumlah percarian dalam search engine google.

Jumlah kompetitor dan pencarian di search engine

Apa itu jumlah kompetitor? jumlah kompetitor adalah banyaknya kompetitor atau persaingan untuk suatu keyword atau kata kunci pada mesin pencarian aka search engine. Darimana kita akan mengetahui jumlah persaingan tersebut? untuk mengetahui ini sangat mudah karena setiap kali kita melakukan pencarian di mesin pencari google, google akan secara otomatis memberikan jumlah persaingan untuk kata kunci tersebut.

Sekarang silahkan coba untuk melakukan pencarian dengan kata kunci “blog tutorial”, berikut contoh gambaran hasilnya :

blog-tutorial

Pada gambar yang diberi lingkaran merah tertulis Sekitar 113,000,000 hasil (0.09 detik), ini artinya jumlah kompetisi atau persaingan untuk kata kunci “blog tutorial” sebanyak 113,000,000. Atau dengan kata lain, ada sebanyak 113,000,000 website atau blog yang menulis dengan kata kunci tersebut yang terekam oleh google. Gampang bukan untuk mengetahui jumlah persaingan?

Apa itu jumlah pencarian? jumlah pencarian adalah banyaknya orang yang mencari suatu kata kunci di search engine, umumnya jumlah pencarian di tulis dalam skala bulanan. Dimana kita mengetahui rata-rata jumlah pencarian? untuk hal ini perlu bantuan tool. Dalam hal ini seperti yang ditulis pada postingan tentang niche kemarin, kita akan menggunakan Google AdWords Keyword Tool.

Sekarang silahkan coba kunjungi halaman Google AdWords Keyword Tool lalu tuliskan kata kunci blog tutorial, dan berikut contoh hasilnya :

jumlah-pencarian

Terlihat bahwa kata kunci “blog tutorial” jumlah pencarian perbulannya adalah 40500 untuk pencarian global (diseluruh dunia) dan 12100 untuk pencarian lokal (dalam contoh ini adalah google.co.id). Jadi, jika blog anda mengandalkan kata kunci “blog tutorial” dengan target pengunjung Indonesia, maka kesempatan untuk mendapatkan kunjungan adalah sekitar 12100 perbulannya, itupun jika blog anda berada pada posisi paling atas di search engine, dan pengunjung tertarik semua untuk mengunjungi blog anda (tapi ini jarang terjadi). Namun, jumlah pencarian itupun akan terus berubah dari waktu ke waktu.

Jadi, angka 12.100 hanyalah sugesti saja dan bukan angka pasti, namun ini bisa dijadikan sedikit gambaran untuk kita dalam menentukan kata kunci yang di kejar.

Kompetisi berbanding terbalik dengan pencarian

Dalam perencanaan keyword utama dalam blog, kita harus memperhitungkan antara jumlah kompetisi dengan jumlah pencarian. Yang harus anda ingat adalah Jumlah pencarian harus mencari yang jumlahnya besar, sedangkan jumlah kompetisi harus kecil. Artinya jumlah kompetisi dengan jumlah pencarian harus berbanding terbalik.

Semakin banyak jumlah persaingan, maka blog kita akan sulit untuk jadi pemenang di search engine. Namun, walaupun kita menjadi rangking 1 di google, akan menjadi sia-sia saja apabila tidak ada orang yang mencari.

So, silahkan lakukan riset terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mencari target utama dengan kata kunci tertentu.


Kenali Jumlah Kompetitor dan Pencarian Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar