Kamis, 29 September 2011

Cara Analisa Traffic Blog Menggunakan Google Analytics

Semua tau bahwa google adalah raksasa dunia internet, siapapun mengakuinya dan tanpa sadar kita selalu menggunakan search engine google setiap melakukan pencarian kata kunci atau keyword. Dengan menggunakan keyword yang tepat, blog kita pastinya akan bisa bersaing dengan para webmaster diluar sana. Tapi cukupkah hanya dengan penggunaan keyword yang tepat ?

Tentu saja tidak, ada banyak teknik seo lainnya untuk mendongkrak posisi sebuah situs di search engine. Tapi saya tidak akan membahas itu karena saya sendiri masih belajar seo, jadi saya hanya akan membahas mengenai analisa traffic blog. Untuk menganalisa traffic blog, kita membutuhkan situs khusus analisa traffic blog yang saat ini banyak terdapat di internet, dari yang gratis sampai yang berbayar.

Untuk itu, saya coba memberikan satu situs yang saya yakin paling lengkap dalam menganalisa traffic blog, yaitu google analytics. Disini kita bukan hanya bisa melihat jumlah pengunjung blog kita, tapi kita dapat melihat halaman blog yang paling banyak di kunjungi, asal negara pengunjung, browser yang digunakan oleh pengunjung blog kita, koneksi internet yang digunakan oleh pengunjung blog kita, kunjungan berasal dari mana (search engine atau dari blog lain), dan lain-lain.

dashboard

Jika sobat berminat menggunakan jasa google analytics untuk menganalisa traffic blog sobat, silahkan kunjungi situs google analytics.

  • Registrasi dulu dengan menggunakan Google Account
  • Setelah itu masukkan url blog sobat dan negara asal, kemudian klik Continue image
  • Kemudian masukkan nama sobat, kemudian klik Continue image
  • Contreng radio button “Yes, I agree to the above terms and conditions” lalu klik tombol Create New Account
  • Setelah itu sobat akan mendapatkan kode script seperti contoh dibawah ini : image
  • Copy kode tersebut dan letakkan sebelum tag pada template sobat.
  • Jika belum tau cara meletakannya, silahkan login ke blogger dengan ID sobat.
  • Klik tab Edit HTML.
  • Kemudian cari tag dan letakkan kode script yang sobat dapat dari google analytics sebelum tag
  • Jangan lupa Simpan Template.
  • Setelah selesai mengcopy paste script tersebut di blog sobat, klik Save and Finish pada halaman bawah google analytics.

Tunggulah beberapa hari untuk mengevaluasi traffic blog sobat, karena google analytics tidak akan bisa membaca traffic blog sobat dalam sekejab, nah wong kode script-nya aja baru dipasang barusan, jika pada halaman google analytics tersebut muncul statistik traffic blog sobat, wah selamat ya berarti blog sobat berasal dari alam lain. Rolling on the floor

Untuk menggunakan google analytics, silahkan sobat lihat pada dashboard terdapat beberapa tools, mulai dari visitors overview, map overlay, traffic source overview, dan content overview.

view report

Klik saja satu persatu tombol view report yang ada dibawah masing-masing tools, sobat akan mendapatkan detail dari traffic blog sobat.

  1. Visitors Overview image Disini sobat bisa melihat Total Unique Visitors dan New Visits (pengunjung baru). Sobat juga bisa melihat Technical Profile, yaitu browser dan koneksi internet yang digunakan pengunjung blog. Technical Profile Terlihat gambar diatas bahwa Firefox masih yang paling laris saat ini.

  2. Map Overlay came from countries Pada gambar diatas terlihat jelas bahwa aku cinta blogger Indonesia karena paling banyak pengunjung blog saya berasal dari negeri tercinta ini.

  3. Traffic Source Overview traffic source Disini jelas terlihat bahwa 63,30% pengunjung blog ini datang dari search engine. Yang lain referring sites, seperti berasal dari blogger, blogcatalog, dll.

  4. Content verview page detail Terlihat jelas bahwa postingan saya tentang mengganti background blog dengan gambar yang paling banyak pengunjungnya. Sebelumya, cara membuat artikel terkait yang paling banyak pengunjungnya, tapi sekarang sudah di geser posisinya dan melorot ke posisi 3 La Liga. Laughing

Untuk tools yang lainnya, silahkan sobat otak-atik sendiri pada halaman google analytics-nya.

Cara Analisa Traffic Blog Menggunakan Google Analytics Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar