Kamis, 29 September 2011

Animal welfare

Animal Welfare mungkin sudah tidak asing bagi pehobiis dan pecinta binatang yang sudah menggeluti aktifitas memelihara dan merawat binatang, namun bagi para pemula yang baru terjun istilah ini bisa jadi baru pertama kali di dengar. Pada dasarnya Animal Welfare (kesejahteraan hewan) telah di aplikasikan oleh sang majikan kepada hewan-hewan peliharaannya yang merupakan wujud rasa cinta dan sayangnya pada klenengan

Ada lima konsep Animal Welfare yang dikenal dengan istilah Five Freedom yang merupakan hak-hak kebebasan bagi hewan baik yang di pelihara ataupun yang hidup di alam.
  1. Freedom for hunger and thirst, setiap hewan memiliki hak terpenuhi makanan dan minumnya.
  2. Freedom for discomfort, setiap hewan memiliki hak bebas dari rasa tidak nyaman (terutama hewan yang di pelihara) misalnya karena sangkar yang buruk, lingkungan yang tidak sesuai, perlakuan yang tidak nyaman dsb
  3. Freedom from pain, injury and disease, artinya setiap hewan punya hak untuk bebas dari rasa sakit, penyakit dan luka. Dengan kata lain setiap hewan peliharaan berhak mendapatkan pengobatan ketika sakit atau terluka serta bebas dari penyakit menular.
  4. Freedom for fear and distrees, hewan memiliki hak untuk terhindar dari rasa takut dan stres. Sebagai contoh perlakuan yang buruk terhadap hewan peliharaan, atau penempatan kandang yang tidak cocok dengan lingkungan hewan piaraan seperti tempat yang terlalu ramai padahal hean peliharaan suka tempat yang tenang dsb.
  5. Freedom to exprees normal behavior, setiap hewan memiliki hak untuk tetap melakukan aktifitas atau kebiasaan kebiasaan normalnya misalnya beralari-lari, memanjat (untuk hewan pemanjat) dll.

Itulah beberapa hal yang perlu di ketahui dan di laksanakan bagi pehobiis yang memiliki hewan peliharaan, sehingga kepemilikan hewan tidak berujung pada penyiksaan secara tidak langsung kepada hewan-hewan peliharaan karena ketidak tahuan sang pemilik terhadap apa-apa yang menjadi hak hewan peliharaan.

Tips Menghitamkan rambut, mencegah ketombe dan mengatasi kebotakan :
Tips Kesehatan Rambut

Animal welfare Rating: 4.5 Diposkan Oleh: dragon
Terima kasih sudah berkomentar